Kuliah Gratis di Undana + diberi uang tunai 3.6 juta/semester. Mau?

Senyumannya yang manis dan candaannya yang pecah menambah keceriaan di wajahnya.

Pria berparas tampan kelahiran Pulau Rote, 29 Agustus 1994 ini tampak tersenyum tersipu saat di temui di Aula BAK Undana Penfui.

Viktor Ismail Sinlae, begitulah nama lengkap cowok berzodiak virgo ini.  Viktor adalah mahasiswa semester akhir di Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Univ. Nusa Cendana Kupang.

Viktor adalah saksi nyata betapa beruntungnya kuliah secara gratis selama 8 semester berkat Program Beasiswa Bidik misi. Beasiswa bantuan hidup terbesar dengan kisaran biaya kuliah 6 juta rupiah per semester ini terbukti dapat meringankan beban orangtuanya yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah.

sayangnya, viktor mengakui beasiswa yang ditawarkan tidak efesien karena sering ditunda sampai berbulan-bulan. alhasil berimbas pada terganggunya kegiatan perkuliahan. viktor menuturkan bidik misi yang diterima tidak utuh 6 juta rupiah. namun di potong oleh pihak Universitas.
"biasanya terima 3,6 juta/semester.  itupun terlambat terus karena banyak kendala. terima 3.6 karena katanya potong uang regis 1.5 juta trus yang lain (sisanya) untuk kegiatan-kegiatan pembinaan mahasiswa" tutur viktor.

viktor menggunakan beasiswa 3.6 juta tersebut untuk biaya sewa kos-kosan, makan minum sehari-hari, transportasi dengan kendaraan umum ke kampus dan biaya tugas-tugas perkuliahan. sehingga keterlambatan beasiswa sangat berpengaruh tehadap perkuliahan. apalagi orangtuanya jauh dan berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu.

viktor kepada viralkupang pada jumat, 19/02 menambahkan bahwa cara memperoleh beasiswa bidik misi cukup mudah asalkan anda adalah siswa berprestasi di sekolah menengah atas/sederajat maka tiap sekolah negeri dapat merekomendasikan siswanya untuk memperoleh bidik misi.
pendaftaran bisa dilakukan oleh operator sekolah masing-masing atau langsung mendaftar ketika diterima di PTN pilihan anda.
biasanya kalau sudah terdaftar dari sekolah anda tidak perlu membayar biaya SBMPTN (seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri) karena Gratis.

selanjutnya tinggal memenuhi berkas berkas yg diminta oleh PT masing-masing misalnya surat keterangan tidak mampu, ijasah, raport, rekening air dan listrik, penghasilan orang tua, foto rumah dan anggota keluarga dll.

sekarang tampaknya undana sudah memberlakukan sistem regis sesuai kemampuan ekonomi. terendah berkisar 500 ribuan sedangan tertinggi 3 jutaan.  ada yang hanya membayar biaya regestrasi tiap semester cuma 500 ribu rupiah maka bayangkan berapa sisa uang bidikmisi yang dia punya. ini berlaku mulai tahun 2015 sampai sekarang.
Untuk tahun 2014 ke atas masing masing menggunakan sistem "sapu rata".

"kalau registrasi untuk angkatan kami (2013) sapu rata 1.5 juta / semester. kalau sekarang sudah pakai regis sesuai ekonomi ortu"
kata Viktor dengan wajah muram.

Meski begitu viktor mengaku kegiatan yang dilaksanakan oleh Undana untuk mahasiswa bidikmisi sangat bermamfaat misalnya Kegiatan Bela Negara (mirip Wajib Militer) di Mako Brigif Komodo Naibonat Kupang yang pernah diikutinya pada oktober 2014, kursus komputer sebanyak 1 kali, kursus bahasa indonesia dan metodologi penelitian.
sayangnya kegiatan pembinaan yang sudah disebutkan tadi hanya beberapa kali diadakan kecuali Bela Negara yang masih rutin dilaksanakan. Viktor menyesali tidak adanya upaya dari Undana mengenai biaya pergantian uang KKN, Skripsi, ataupun penelitian bagi mahasiswa Bidik misi yang terkadang informasinya simpang siur antara "kasih" atau "tidak".

Berminat Beasiswa bidikmisi?

informasi seputar bidikmisi dapat di cek di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id


editor : Ramly Ahmad

Viral Kupang.



viktor ismail sinlae
(photo: koleksi pribadi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa SD hamili Siswi SMP yang baru lulus, katanya bukan pertama kali "gituan" .

Inilah Sosok Remaja Penari Erotis Asal Kupang Viral Yang Buat Geram Warga Kupang

Pabrik Es Minerva Kota Kupang, Hasil Karya Desain Presiden Soekarno?